5 Manfaat Susu Formula untuk Anak Pada Usia 3-6 Tahun

5 Manfaat Susu Formula untuk Anak Pada Usia 3-6 Tahun

Setelah tidak mendapatkan ASI, si kecil hanya mendapatkan sumber nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Oleh karena itu, pemberian susu formula untuk anak sangat berperan penting dalam tumbuh kembangnya.

Berikan susu formula yang terbaik sesuai dengan kondisi anak dan sesuaikan dosisnya dengan usia anak. Apapun jenis susu yang dikonsumsi dan merk produk susunya, sebenarnya fungsinya hampir sama. Lalu apa sajakah manfat susu formula tersebut? Berikut manfaat susu formula untuk si kecil:

1.      Membantu Pembentukan Tulang

Susu formula mengandung kalsium, zat besi, dan zinc yang sangat bagus untuk pembentukan tulang dan gigi. Tulang menjadi lebih padat dan gigi cepat tumbuhnya. Dengan kalsium tubuh yang tercukupi juga akan membuat tubuh anak lebih tinggi.

Selain itu, kandungan kalsiumnya juga berfungsi dalam membantu mengatur peredaran darah dan memproduksi sel darah memrah. Dengan begitu sistem metabolisme tubuh tetap lancar dan mencegah risiko terjadinya anemia.

2.      Menjaga Kekebalan Tubuh

Sistem metabolisme tubuh yang lancar akan membuat tubuh menjadi sehat. Tekanan darah yang stabil juga dapat mencegah risiko stroke dan masalah kesehatan pada jantung. Dengan imun tubuh yang kuat, anakpun tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu susu formula untuk anak juga dapat mengatasi migrain dan mencegah menumpuknya kolesterol jahat yang dapat menyumbat arteri. Apalagi untuk anak-anak yang suka mengonsumsi makanan atau jajan sembarangan, sistem imun tubuh harus lebih ditingkatkan.

3.      Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan prebiotik dalam susu anak membantu pertumbuhan mikroorganisme baik yang bekerja pada sistem pencernaan. Sehingga masalah pencernaan seperti sembelit akan semakin jarang terjadi.

Namun jika anak justru mengalami masalah pencernaan seperti diare setelah mengonsumsi susu, bisa jadi si kecil memiliki alergi laktosa atau terhadap bahan pembuat susu tersebut. Sehingga orang tua harus lebih selektif dalam memberikan susu anak.

4.      Merangsang Kecerdasan Anak

Tidak hanya tubuhnya saja yang semakin sehat, anak yang rajin mengonsum susu atau kebutuhan nutrisi dan gizinya tercukupi juga akan lebih mudah memahami. Susu anak mengandung Sphingomyelin, AA, DHA, dan nutrisi lainnya yang baik untuk otak.

Hal tesebut bisa terjadi tentunya dengan stimulasi atau rangsangan yang diberikan orang tua. Jadi orang tua tetap berperan dalam meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu, si kecil tetap harus diberikan nutrisi dari sumber lainnya seperti buah dan sayur.

5.      Membuat Anak Lebih Aktif

Tubuh yang sehat akan membuat mood anak selalu baik, jadi anak akan semakin semangat dalam beraktifitas. Terutama dengan susu yang memiliki varian rasa yang disukai anak, anak akan lebih suka saat minum susu dan kebutuhan gizinyapun tercukupi.

Jangan lupa berikan takaran susu formula untuk anak yang sesuai dosis dan selalu imbangi dengan makanan lain. Latih juga si kecil agar mau minum air putih, serta makan buah dan sayur.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *