5 Rekomendasi Makanan Kucing, Mau yang Basah Atau Kering? Cek Disini

5 Rekomendasi Makanan Kucing, Mau yang Basah Atau Kering? Cek Disini

Ketika Anda memutuskan untuk memiliki kucing peliharaan, salah satu yang perlu diperhatikan adalah asupan gizi melalui makanan. Kalau dulu kucing kebanyakan diberi makanan alami yang biasa dikonsumsi manusia, sekarang sudah banyak rekomendasi makanan kucing dengan kandungan lengkap sesuai kondisi dan usia kucing Anda.

Secara umum, ada dua jenis makanan kucing instan yang saat ini tersedia di pasaran, ada jenis basah dan ada jenis kering. Bagaimana spesifikasi masing-masing dan apa saja contoh terbaiknya?

Rekomendasi Makanan Kucing Kering

Jenis makanan kucing yang kering yaitu makanan yang berbentuk bulat, lonjong, atau pilih dengan kadar air di bawah 20 persen. Renyah ketika dikunyah oleh kucing, tapi menyimpan mandat seperti menjaga gigi tetap sehat, meminimalisir karang gigi dan infeksi yang bisa saja menyerang area mulutnya.

Jenis ini lebih murah jika dibanding makanan basah dengan jumlah yang lebih banyak. Berikut ini beberapa contohnya dari Pro Plan.

  • Untuk Masalah Berat Badan (Pro Plan Adult Sterilised/Weight Loss)

Setelah kucing yang sudah steril, risikonya adalah tubuhnya akan cepat gendut dan obesitas. Makanya, perlu makanan yang mengandung gizi cukup tapi tak berdampak buruk pada pertambahan berat badan.

Kandungan lemak di dalamnya lebih rendah 25 persen jika dibandingkan dengan makanan lainnya. Sehingga bisa meminimalisir naiknya berat badan kucing secara berlebihan.

  • Untuk Pencernaan Sensitif (Pro Plan Adult Delicate With Optirenal)

Makanan kucing kering ini mengandung banyak vitamin seperti, A, C dan E. selain itu protein yang ada di dalamnya membantu menjaga kondisi pencernaan tidak terganggu. Proses pembuatannya tidak sembarangan, sehingga mampu menjaga komposisi terbaik dan mudah dicerna kucing.

Sangat cocok untuk kucing yang nafsu makannya berkurang dan sering bermasalah pada pencernaannya. Bagaimana soal rasanya? Untuk kucing yang suka memilih makanan tertentu, adult delicate punya rasa yang enak dan mudah disukai oleh kucing bahkan yang suka memilih makanan sekalipun.

Makanan Kucing Jenis Basah

Untuk makanan jenis basah, teksturnya lebih lunak dan familiar bagi kucing. Kandungan air yang mencapai 80 persen bahkan lebih, sehingga lebih mudah dicerna oleh kucing. Soal aroma dan varian rasa lebih banyak jika dibandingkan makanan kering.

Tapi, untuk mengkonsumsinya harus langsung habis ketika kemasan dibuka atau maksimal 60 menit setelah dibuka. Supaya makanan tersebut tidak dihinggapi bakteri atau kuman yang akan mengganggu kesehatan kucing.

  • Untuk Pencernaan Sensitif (Pro Plan Wet Sensitive)

Jika kucing Anda memiliki masalah pada pencernaan, ada baiknya memberikan makanan dengan tekstur lunak sehingga mudah dicerna. Serat inulin yang dipadu prebiotik di dalamnya akan membantu meminimalisir masalah pencernaan.

  • Untuk Pertumbuhan Rambut (Pro Plan Derma Plus)

Jika kucing Anda mengalami masalah kerontokan rambut maka memberikan makanan basah yang satu ini bisa jadi pilihan, karena Omega-3 di dalamnya akan membantu memperkuat akar rambut dan menjaga kesehatan kulit kucing. Begitu juga dengan kandungan Metionin dan Zinc yang tepat untuk kebutuhan kucing.

  • Untuk Memperlancar Buang Air (Pro Plan Urinary Track Health)

Kandungan zat penting di dalamnya seperti Omega-3 akan membantu membuat saluran kemih kucing Anda jadi lebih baik. Sebab membantu menyerap air dan meminimalisir penyakit pada kemih.

Supaya kucing Anda tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja, kombinasikan makanan basah dan kering. Cara ini juga akan mengurangi dampak buruk pada kesehatan mulut dan tubuhnya. Tinggal pilih mana jenis dan produk dari rekomendasi makanan kucing di atas yang cocok, pastikan untuk konsultasi dengan dokter hewan sebelum memilih.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *