Menakar Kebutuhan Gizi Anak Usia 2 sampai 3 tahun

Menakar Kebutuhan Gizi Anak Usia 2 sampai 3 tahunSeorang anak pada usia ini harus makan 3-4 kali sehari, sedangkan jam makan harus sama dari hari ke hari.

Jadi anak akan dapat mengembangkan refleks yang dikondisikan untuk makan pada waktu yang ditentukan, dan makanan akan diproses jauh lebih baik. Ketika anak mencapai usia dua tahun, usahakan asupan daging dan ikan diperbanyak dalam makanan anak , dimana makanan ini akan membantu memenuhi kebutuhan tubuh dengan protein dan zat yang berharga dimasa masa pertumbuham mereka.

Sumber makanan daging terdiri dari: daging sapi, unggas, daging sapi muda, sosis (sosis ikan, ham tanpa lemak). Produk daging dapat diberikan baik dengan sayuran maupun dengan produk tepung dalam bentuk pangsit, pai, atau naget, dll.

Namun belum disarankan untuk memberikan daging bebek pada anak usia dini. Dianjurkan untuk memasak makanan yang paling penting dan esensial pada anak-anak berusia 2, 3 tahun ini misalkan ikan laut atau ikan air tawar kemudian kaldu sayuran atau susu yang kaya akan mineral dan protein.

Kemudian yang tidak kalah penting juga, makanan anak harus mengandung buah, sayuran, dan beri dalam jumlah yang cukup. Banyak sayuran mengandung serat dimana ini sangat diperlukan dalam memperlancarkan saluran pencernaan pada anak anak, yang memiliki efek menguntungkan pada fungsi motorik usus, sehingga membebaskan anak dari sembelit.

Jadi normalnya untuk konsumsi sayuran adalah 150-250g per hari. Kemudian sayuran harus diberikan tidak hanya dalam bentuk rebus, namun ada juga jenis sayuran mentah yang memang direkomendasikan dimakan oleh anak anak misalkan mentimun, yang kaya akan cairan untuk memberikan asupan cairan pada tubuh anak dan terhindar dari dehidarasi.

Tidak ketinggalan juga susu, kemudian cemilan dimana kami rekomendasikan anda bisa cek semua produk yang sudah banyak digunakan oleh sahabat nestle misalkan untuk memberikan asupan dari cairan berupa susu, kemudian makanan ringan pada masa masa perkembangan anak.

Manfaat susu dalam makanan bayi dan anak juga cukup tinggi. Pada usia ini, anak-anak disarankan untuk mengonsumsi sekitar 600-700 gram per hari, yang dapat diberikan dalam bentuk minuman atau hidangan campuran snack koko krunch dan susu misalkan.

Kemudian asupan protein tinggi yang bersumber dari telur juga berguna dalam membantu proses tumbuh kemb ang anak usia 2, 3 tahun misalkan dengan memberikan mereka mengkonsumsi telur rebus.

Tetapi anda harus memantau reaksi alergi anak, jika ada, maka telur harus hentikan dulu untuk sementara sampai anda menemukan cara menanganginya. Kemudian makanan yang manis manis seperti permen, kami sarankan jangan terlalu banyak diberikan pada anak dimasa usia seperti ini karena kurang bagus untuk kesehatanya dan konon anak yang makan gula terlalu banyak akan semakin hiperkatif.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *