Penyebab Climate Change: Apa yang Harus Diketahui

Penyebab Climate Change: Apa yang Harus Diketahui

Climate change atau perubahan iklim menjadi salah satu isu yang cukup hangat dibicarakan beberapa waktu terakhir ini. Pasalnya, ada perubahan yang cukup signifikan pada iklim di bumi mulai dari intensitas hujan yang meningkat, suhu yang meningkat, pola angin yang berubah dan lainnya. Banyak kalangan yang penasaran dengan penyebab climate change tersebut.

Perlu diketahui bahwa perubahan iklim yang terjadi tersebut secara langsung atau tidak langsung dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Oleh karenanya, ketika membahas tentang perubahan iklim dan upaya pencegahannya, maka diperlukan peran aktif dari setiap elemen masyarakat.

Lantas, apa yang sebenarnya menjadi sebab dari perubahan iklim yang cenderung ekstrem saat ini?

Ragam Penyebab Perubahan Iklim

Berbincang tentang penyebab climate change, Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa sebab utama yang mendasari perubahan iklim tersebut, terutama aktivitas dari manusia. Adapun beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Polusi kendaraan bermotor

Hadirnya kendaraan bermotor memang memberikan kemudahan akomodasi masyarakat. Namun, di sisi yang lain hadirnya teknologi ini nantinya akan memberikan dampak yang buruk bagi perubahan iklim.

Seperti yang diketahui, kendaraan bermotor menggunakan bahan bakar fosil sebagai penggerak. Bahan bakar yang digunakan tersebut akan menghasilkan gas buang yang kaya akan CO2 ke udara. Efek yang ditimbulkan adalah adanya polusi udara dan juga peningkatan suhu di atmosfer.

  1. Sampah yang menumpuk

Hal lain yang menjadi sebab dari perubahan iklim adalah sampah yang menumpuk. Jika disimak, masalah sampah adalah masalah yang terjadi di banyak tempat. Hampir di setiap tempat ada gundukan sampah yang menggunung dan tidak terurai dengan baik.

Nah, tumpukan sampah ini akan menyebabkan pencemaran, baik pencemaran udara ataupun pencemaran tanah dan air. Selain itu, sampah juga akan mengeluarkan gas methane yang berbahaya.

  1. Penggunaan kulkas dan AC

Kulkas dan AC menggunakan freon sebagai pendingin. Bahan ini memang sangat efektif untuk menurunkan suhu dan menghasilkan hawa dingin. Hanya saja, di sisi yang lain freon berperan dalam masalah perubahan iklim.

Freon atau CFC ini adalah gas yang cukup berbahaya. Pasalnya, efek yang ditimbulkan cenderung lebih buruk berkali lipat daripada CO2. Selain itu, CFC juga memiliki efek negatif yang bisa menipiskan lapisan ozon. Inilah salah satu hal yang menyebabkan suhu bumi menghangat.

Beberapa hal di atas adalah apa yang memiliki peran dalam perubahan iklim yang terjadi. Selain itu, tentu masih ada banyak sebab lainnya yang perlu diwaspadai.

Lantas, apa solusi dari permasalahan tersebut yang bisa dilakukan?

Mengubah gaya hidup menjadi salah satu hal yang penting dilakukan. Dalam hal ini, cobalah untuk membatasi penggunaan kendaraan bermotor di luar keperluan yang penting. Selain itu, lakukan langkah pengolahan sampah secara mandiri. Dengan demikian, dampak buruk dari penyebab climate change tersebut bisa dicegah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.