Peradangan Asam Urat Menyiksa Anda? Coba Atasi dengan 5 Kiat Ini!

5 Kiat Memberi Makanan yang Bisa Menambah Berat Badan Si Kecil

Tidak hanya lansia saja, tapi ada banyak orang golongan usia produktif mengeluhkan peradangan atau pembengkakan sendi karena penyakit asam urat. Hal ini dipicu gaya hidup tidak sehat dengan banyak konsumsi makanan penyebab asam urat seperti jeroan, ikan sarden, mackerel, kerang, sayur asparagus, minuman alkohol, dan lain-lain. Bila Anda punya potensi memiliki kadar asam urat tinggi, sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung purin agar asam urat tidak kambuh sewaktu-waktu.

Kiat Meringankan Rasa Nyeri Asam Urat

Asam urat atau gout acap menyiksa sebab Anda akan merasakan rasa nyeri atau peradangan pada sendi. Hal ini disebabkan oleh penumpukan kadar purin dalam tubuh yang sangat menyiksa Anda. Supaya Anda memiliki kesehatan yang lebih prima dan terhindar dari asam urat, sebaiknya ketahui kiat meringankan rasa nyeri asam urat berikut :

1.                 Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi

Anda bisa memilih beberapa jenis makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk, jambu biji, buah berry, brokoli, dan lain-lain. Bila perlu mendapatkan asupan vitamin C dari suplemen pabrikan yang aman dan sehat, sah-sah saja.

2.                 Minum air putih lebih banyak

Pembengkakan dan peradangan pada bagian sendi bisa Anda atasi dengan minum air putih lebih banyak. Pasalnya, air putih bisa membuat organ ginjal mengeluarkan cairan yang bisa mengurangi efek pembengkakan tersebut.

3.                 Mengompres bagian yang sakit

Anda bisa meringankan rasa sakit karena peradangan dengan mengompres sendi yang bengkak dengan air dingin. Gunakan pecahan es batu yang dibalut kain lembut dan tempelkan pada bagian sendi yang bengkak seperti lutut atau bagian lain.

4.                 Kelola stress dengan baik

Kondisi seseorang yang mengalami peradangan akibat kadar purin tinggi bisa semakin parah bila mengalami stress. Anda bisa mengelola stress dengan cara melakukan hal lebih positif, misalnya liburan sejenak, ambil jeda dari pekerjaan kantor, mendengarkan musik, olahraga, atau melakukan yoga.

5.                 Menerapkan pola hidup sehat

Mengetahui penyebab asam urat tinggi bisa menjadi langkah pencegahan penumpukan kristal asam urat dalam tubuh. Anda wajib menghindari makanan penyebab asam urat, hindari alkohol dan pilih makanan yang bisa membantu mengatasi peradangan akibat penumpukan kristal purin, misalnya buah ceri, apel atau pisang yang kaya kalium.

Bila asam urat semakin terasa menyakitkan dan mengganggu produktivitas harian Anda, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dan perawatan lanjutan ke dokter terdekat.

Anda bisa mengkonsumsi obat asam urat yang bisa meringankan rasa nyeri akibat pembengkakan kristal di sendi. Pastikan obat asam urat sesuai dengan rekomendasi dokter untuk mengurangi risiko alami masalah kesehatan lebih serius. Jangan lupa untuk membatasi konsumsi makanan penyebab asam urat agar Anda bisa lebih bugar dan sehat seiring pertambahan usia yang semakin menua, ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *