Piramida Makanan Gizi Seimbang: Apa yang Perlu Diketahui

Piramida Makanan Gizi Seimbang: Apa yang Perlu Diketahui

Memberikan makanan dengan gizi seimbang kepada anak adalah hal yang sangat penting dilakukan. Dengan pemenuhan gizi yang cukup, tentu anak nantinya akan tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Terkait hal ini, piramida makanan gizi seimbang bisa menjadi salah satu pedoman yang digunakan demi hasil penerapan pola konsumsi yang maksimal.

Pernah mendengar tentang piramida makanan dengan gizi seimbang?

Dalam istilah lain masyarakat Indonesia sering menyebutnya sebagai tumpeng gizi. Pasalnya, bentuk piramida tersebut menyerupai tumpeng khas Indonesia. Nah, di dalam piramida tersebut, ada beberapa lapisan yang memberikan gambaran tentang bagaimana cara untuk memberikan pola konsumsi dengan gizi yang seimbang dalam konsumsi harian.

Adapun isi dari piramida makanan tersebut yang bisa dijadikan pedoman pemberian konsumsi makanan untuk anak adalah sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi beragam makanan pokok

Makanan pokok yang dimaksud dalam piramida adalah makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Pasalnya, karbohidrat akan menjadi zat yang membantu meningkatkan produksi energi untuk beraktivitas.

Ada beberapa jenis makanan pokok yang bisa dikonsumsi untuk pemenuhan kebutuhan karbohidrat tersebut. Beberapa diantaranya adalah nasi, jagung, singkong, sagu dan juga ubi.

  1. Mengonsumsi makanan sebagai sumber serat

Serat diperlukan tubuh untuk menunjang kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, sistem pencernaan akan senantiasa sehat dan tentu bebas dari masalah.

Di dalam piramida makanan gizi seimbang, ada beberapa makanan yang tinggi serat dan disarankan untuk dikonsumsi. Beberapa diantaranya adalah sayuran dan buah-buahan. Dalam sehari, disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur dengan berat 400 gram.

  1. Mengonsumsi makanan tinggi protein

Isi dari piramida makanan dengan gizi seimbang lainnya adalah mengonsumsi makanan tinggi protein sebagai lauk-pauk. Protein sendiri merupakan zat yang sangat penting di mana bisa memaksimalkan pertumbuhan.

Nutrisi ini bisa didapatkan dari beragam sumber makanan. Contoh sumber makanan yang memiliki kandungan protein tinggi diantaranya adalah daging sapi, ikan, daging ayam dan lainnya.

  1. Membatasi makanan dengan kandungan gula, garam dan lemak

Makanan yang memiliki kandungan gula, garam dan lemak terutama yang berlebihan harus dibatasi. Poin ini berada di puncak piramida sehingga konsumsi yang dilakukan seharusnya hanya sedikit saja.

Perlu diketahui bahwa konsumsi makanan yang mengandung gula, garam dan lemak terlalu banyak akan mengakibatkan beragam risiko kesehatan bagi tubuh, terutama di usia yang akan datang.

Beberapa hal di atas adalah apa yang perlu diketahui perihal piramida makanan dengan gizi yang seimbang. Bisa dikatakan bahwa tujuan dari piramida ini adalah memberikan gambaran tentang bagaimana pola konsumsi makanan sebaiknya dilakukan.

Demikian beberapa ulasan tentang piramida makanan gizi seimbang. Untuk melengkapinya, Anda perlu mencari informasi terkait menu makanan yang memiliki gizi seimbang sehingga konsep dari piramida tersebut bisa diadaptasi dengan baik.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.